Kajian Intensif Fikih Hanbali dari Kitab Bidaayatul ‘Aabid

Belajar agama adalah kewajiban bagi setiap insan. Terlebih lagi menyangkut keimanan dan ibadahnya sehari-hari. Di antara buku fikih yang menyangkut ibadah keseharian yang diperuntukkan bagi pemula ialah BIDAAYATUL ‘AABID WA KIFAYAATUZ ZAAHID (permulaan bagi seorang hamba dan ketercukupan bagi seorang yang zuhud).

Dari judulnya, kita bisa menebak dengan mudah bahwa memang kitab tersebut untuk para pemula yang dengan mempelajarinya cukup baginya untuk mengetahui dan mempraktikkan amalan ibadah kesehariannya; dan cukup baginya sebagai bekal untuk menjadi seorang yang zuhud terhadap dunia.

Kitab ini di tulis oleh Al-‘Allamah Al-Faqih Syaikh Abdurrahman bin Abdillah al-Ba’ili al-Hanbali, wafat tahun 1192 H, penulis kitab Kasyful Mukhadaraat fii Syarhi Akhshar Al-Mukhtasharaat. Kitab Akhshar Al-Mukhtasharaat merupakan kitab fikih untuk para pemula yang ingin belajar fikih mazhab Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah, pun dengan Bidaayatul ‘Aabid ini.

Hanya saja Bidaaytul ‘Aabid ini lebih ringan ketimbang Akhshar Al-Mukhtasharaat, baik dari segi penyampaian bahasa maupun konten materinya; sebab kitab Bidaayatul ‘Aabid hanya membahas tentang thaharah, shalat, zakat, puasa, haji, dan yang selalu ada dalam pembahasan fikih mazhab Hanbali yakni jihad. Sedangkan Akhshar Al-Mukhtasharaat lengkap, tak hanya tentang ibadah tapi membahas juga jual beli, masalah rumah tangga, dan hukuman hudud, jinayat, hingga peradilan.

Jadi, kitab Bidaayatul ‘Aabid ini benar-benar sesuai dengan judulnya dan pas bagi para pemula yang ingin mempelajari tentang ibadah sehari-harinya.

✍️ Akhukum fillah,
Abu ‘Aashim asy-Syibindunji al-Hanbali

Publikasi: www.sunnahedu.com

Abu 'Aashim Asy-Syibindunji

Pengasuh SunnahEdu[dot]Com. Pernah menjadi mahasantri di Ponpes Jamilurrahman As-Salafi, Bantul. Masyayikh yang pernah diambil faedahnya ialah Syekh Haitsam Muhammad Sarhan, Syekh Abdul Lathif al-Jazairi, dan Syekh Abdul Aziz al-Iedan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *