Asal Besi dari Langit?

Mutiara Al-Quran, Ulasan Aktual

Allah Ta’ala berfirman,

لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ وَأَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتَابَ وَالْمِيزَانَ لِيَقُومَ النَّاسُ بِالْقِسْطِ ۖ وَأَنْزَلْنَا الْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ وَرُسُلَهُ بِالْغَيْبِ ۚ إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ

Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al-Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (QS Al-Hadiid [57] : 25)

Al-Imam Al-Qurthubi dalam tafsirnya menyebutkan, diriwayatkan dari ‘Umar radhiyallahu ‘anhu; bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menurunkan empat keberkahan dari langit ke bumi: besi, api, air, dan garam.” (Al-Jaami’ li Ahkaamil Qur`aan, 9/17: 215. Hadits ini asalnya dari Kanzul ‘Umaal, 15/418, 419, no. 41650 dari riwayat Ad-Dailami dalam Musnad Al-Firdaus dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma).

Lalu beliau rahimahullah menyebutkan riwayat kedua; dari ‘Ikrimah dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhum, dia (Ibnu ‘Ababs) berkata, “Ada tiga jenis yang diturunkan bersama Adam ‘alaihissalam: hajar aswad yang warnanya lebih putih daripada salju; tongkat Nabi Musa ‘alaihissalam dan itu tongkat dari surga, yang tingginya sepuluh hasta seperti tingginya Nabi Musa ‘alaihissalam; dan besi yang turun bersamanya tiga jenis: As-Sindaan, Al-Kalbataan, dan Al-Miiqo’ah yakni Al-Mithroqoh. Hal ini disebutkan oleh Al-Mawardi dalam tafsirnya. (Al-Jaami’ li Ahkaamil Qur`aan, 9/17: 215-216).

Di halaman 216 Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullah menulis, Ats-Tsa’labi berkata, Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhum berkata, “Nabi Adam ‘alaihissalam turun dari surga dan bersamanya pun turun besi dengan lima jenis dari alat-alat pertukangan: As-Sandaan, Al-Kalbataan, Al-Miiqo’ah, Al-Mithroqoh, dan Al-Ibroh.”

Wallahu ‘alam.

Abu ‘Aashim Asy-Syibindunji

Sumber: Al-Jaami’ li Ahkaamil Qur`aan karya Al-Imam Al-Qurthubi. Penerbit Darul Hadits, Kairo.

Artikel: www.sunnahedu.com

Tinggalkan Balasan