Hukum Menonton Film Kartun

Ulasan Aktual

Syekh Khalid al-Muslih hafizhahullah ditanya tentang hukum menonton film kartun yang terdapat di dalamnya perkara ghaib seperti kapal ruang angkasa dan robot dan yang lainnya.

Beliau menjawab: “Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarganya dan para sahabatnya.

Amma ba’du.

Dengan memohon taufik dari Allah, maka jawaban pertanyaan saudara adalah sebagai berikut :

Ini masuk dalam fantasi dan khayalan yang dibolehkan. Apalagi jika terkait dengan anak-anak yang dibolehkan bermain dengannya. Sebagaimana dalam hadits Aisyah radhiallahu ‘anha bahwasanya ia memiliki boneka kuda yang memiliki sayap. Dan ini adalah contoh khayalan. Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kepada Aisyah radhiallahu ‘anha: “Apakah ada kuda memiliki sayap wahai Aisyah?”, maka ia menjawab: “Disebutkan itu tentang kuda Nabi Sulaiman ‘alaihissalam.”

Dan hadits ini diriwayatkan Abu Dawud (41932) dari jalan Amarah bin Ghazyah bahwasanya Muhammad bin Ibrahim memberikan hadits dari Abu Salamah bin Abdurrahman dari Aisyah radhiallahu ‘anha, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datang dari sebuah perang Tabuk atau Khaibar, dan di kamarnya terdapat tirai, maka berhembuslah angin sampai tampak penutup yang menutupi boneka mainan Aisyah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya: “Apa ini wahai Aisyah?”

Ia menjawab: “Bonekaku.” Dan Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat di antaranya kuda yang memiliki dua sayap dari kain.

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam  bertanya: “Apa yang ada di tengahnya?”

Aisyah radhiallahu ‘anha menjawab: “Kuda.”

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya lagi: “Apa yang terdapat padanya?”

Aisyah menjawab: “Dua sayap.”

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya lagi: “Kuda memiliki dua sayap?!”

Ia menjawab: “Apakah engkau tidak mendengar bahwa kuda Nabi Sulaiman memiliki sayap?”

Maka beliau tertawa sampai terlihat gerahamnya.[ ]

Sumber: https://almosleh.com/ar/16632

Artikel: https://sunnahedu.com

Tinggalkan Balasan