Berapa Usia Khadijah Ketika Menikah dengan Rasulullah?

Ada beberapa pendapat dikalangan para ahli sejarah mengenai usia Khadijah radhiyallahu ‘anha ketika beliau menikah dengan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam. Yang masyhur diantaranya yaitu pendapat yang mengatakan beliau menikah pada usia 40 tahun dan pendapat yang mengatakan beliau menikah pada usia 28 tahun. Dan ada pendapat selain dari keduanya.

Pendapat yang menyatakan 40 tahun, berdasarkan riwayat yang dikeluarkan Ibnu Sa’ad dalam Ath-Thabaqah:

أخبرنا محمد بن عمر، أخبرنا المنذر بن عبد الله الحزامي، عن موسى بن عقبة عن أبي حبيبة، مولى الزبير قال: سمعت حكيم بن حزام يقول: تزوج رسول الله صلى الله عليه وسلم خديجة وهي ابنة أربعين سنة، ورسول الله صلى الله عليه وسلم ابن خمس وعشرين سنة

“Muhammad bin Umar (Al-Waqidi) menuturkan kepadaku, Al-Mundzir bin Abdillah Al-Hizami menuturkan kepadaku, dari Musa bin ‘Uqbah, dari Abu Habibah maula Az-Zubair, ia berkata: aku mendengar Hakim bin Hizam mengatakan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam menikah dengan Khadijah radhiyallahu ‘anha ketika Khadijah radhiyallahu ‘anha berusia 40 tahun sedangkan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam berusia 25 tahun”.

Riwayat ini lemah karena Muhammad bin Umar (Al-Waqidi) statusnya matruk (ditolak haditsnya). Yahya bin Main mengatakan tentang Al-Waqidi:

كان الواقدي يضع الحديث وضعاً

“Al-Waqidi benar-benar telah memalsu hadits.” (Masyikhatun Nasai, hlm. 76).

Namun Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfuri penulis Ar-Rahiqul Makhtum merajihkan pendapat yang menyatakan 40 tahun. Dr. Zaid bin Abdul Karim Az-Zaid mengatakan bahwa yang masyhur adalah pendapat yang menyatakan usianya 40 tahun.

Pendapat yang menyatakan 28 tahun, berdasarkan riwayat yang dikeluarkan Ibnu Sa’ad dalam Ath Thabaqah:

أخبرنا هشام بن محمد بن السائب، عن أبيه، عن أبي صالح عن ابن عباس قال: كانت خديجة يوم تزوجها رسول الله صلى الله عليه وسلم ابنة ثمان وعشرين سنة

“Hisyam bin Muhammad bin As Sa-ib menuturkan kepadaku, dari ayahnyam dari Abu Shilah dari Ibnu ‘Abbas ia berkata: Khadijah radhiyallahu ‘anha berusia 28 tahun ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menikahinya”.

Riwayat ini juga lemah karena Hisyam bin Muhammad bin As-Sa`ib statusnya matruk.

Di sisi lain, terdapat riwayat lain dengan keterangan dari Al-Waqidi. Al-Hakim dengan sanadnya, meriwayatkan dari Muhammad Ibnu Ishaq, beliau menyatakan:

وكان لها يوم تزوجها ثمان وعشرون سنة

“Pada hari pernikahannya (Khadijah radhiyallahu ‘anha), beliau berusia 28 tahun.” (Al-Mustadrak Al-Hakim, 11/157).

Setelah melakukan riset, Dr. Akram Dhiya Al-Umri memberi kesimpulan:
“Khadijah radhiyallahu ‘anha melahirkan anak dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dua lelaki dan empat perempuan, yang ini menguatkan riwayat Ibnu Ishaq (bahwa usia beliau 28 tahun). Karena umumnya wanita sudah berada di usia menapaus sebelum 50 tahun.” (As-Sirah An-Nabawiyah As-Shahihah, 1/113).

Hanya saja pendapat Dr. Akram Dhuya Al-Umri yang  menyatakan bahwa umumnya wanita sudah berada di usia menapaus sebelum 50 tahun ini dapat disanggah.

Az-Zubair bin Bakkar (wafat 256 H) mengatakan:

هند بنت أبي عبيدة بن عبد الله بن زمعة حملت بموسى بن عبد الله بن حسن بن حسن بعد ستين سنة قال وسمعت علماءنا يقولون لا تحمل امرأة بعد ستين سنة إلا من قريش ولا بعد خمسين إلا عربية الزبير

“Hindun bintu Abu Ubaidah mengandung Musa bin Abdillah bin Hasan di atas usia 60 tahun. Kami mendengar para ulama kami mengatakan: ‘Tidak ada wanita yang bisa hamil di atas 60 tahun, kecuali dari suku Quraisy. Dan tidak ada yang bisa hamil di atas 50 tahun, selain wanita Arab.’” (Tarikh Baghdad, 5/462).

Pendapat lain tentang usia Khadijah radhiyallahu ‘anha. Dalam Al-Bidayah wan Nihayah, Ibnu Katsir mengatakan

وهكذا نقل البيهقي عن الحاكم أنه كان عمر رسول الله صلى الله عليه و سلم حين تزوج خديجة خمسا وعشرين سنة وكان عمرها إذ ذاك خمسا وثلاثين وقيل خمسا وعشرين سنة

“…demikianlah dinukil oleh Al-Baihaqi dari Al-Hakim bahwa usia Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika menikah dengan Khadijah radhiyallahu ‘anha adalah 25 tahun, sedangkan usia Khadijah radhiyallahu ‘anha ketika itu adalah 35 tahun, ada juga yang mengatakan, 25 tahun…” (Al-Bidayah wa An-Nihayah, 2/295)

Sebagai penutup perlu diketahui bahwa menurut para ulama tidak ada riwayat yang shahih yang mengabarkan dengan jelas tentang usia Khadijah radhiyallahu ‘anha ketika beliau menikah dengan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam.

Wallahu ‘alam.

Diolah dari berbagai sumber dengan sedikit perubahan, 16 Dzulhujjah 1440.

Abu ‘Aashim Asy-Syibindunji

Tinggalkan komentar